Ø Jenis-jenis analisis tugas
Analisis tugas adalah suatu proses
mengkaji seorang manusia dalam melaksanakan tugas, apa saja peralatan yang
mereka gunakan, dan hal-hal yang apa saja yang perlu mereka ketahui. Memeriksa
tugas-tugas user untuk mengetahui dengan baik apa yang dibutuhkan user dari
interface yang mereka rancang dan bagaimana mereka akan menggunakannya.
Proses menganalisis dan menggambarkan
bagaimana manusia melaksanakan tugas / pekerjaannya, apa saja yang dilakukan
hal-hal apa saja yang perlu diketahui. Memeriksa tugas-tugas user untuk
mengetahui dengan baik apa yang dibutuhkan user dari interface .
Contoh Pengelompokkan tugas
:
Pada Fixed sequence ,Optional tasks
,Waiting events ,Cycles ,Time-sharing ,dan Discreationary.
Cara melakukan analisis
tugas :
- INPUT : sebagai aktifitas pemberian data
- OUTPUT : sebagai keluaran, hasil dari suatu
proses, baik berupa data maupun
contoh :
Pada penggunaan yang
outputnya menggunakan analisis tugas yaitu sebagai berikut:
Perancangan Detail
Interface, Pendefinisian kebutuhan dalam sistem dan Perancangan Sistem.
Ø SUMBER DAN PENGGUNAAN INFORMASI
Sumber informasi adalah data. Data
merupakan bentuk yang masih mentah dan perlu diolah lebih lanjut. Data terdiri
dari fakta-fakta dan angka-angka yang secara relatif tidak berarti bagi
pemakai, tetapi dapat diolah melalui suatu model untuk dihasilkan informasi.
* Kelompok dalam Informasi : Informasi
Strategis, Informasi Taktis, Informasi Teknis
* Informasi yang Berkualitas : Akurat, Tepat Waktu, Relevan
* Informasi yang Berkualitas : Akurat, Tepat Waktu, Relevan
Fungsi Informasi Suatu Organisasi
Fungsi informasi bagi suatu organisasi
yaitu memberikan kejelasan mengenai sesuatu hal yang sudah, sedang dan yang
akan dihadapi oleh organisasi.
EVALUASI
Evaluasi Heuristik
Evaluasi heuristic adalah sebuah
panduan, prinsip umum, atau aturan yg dapat menuntun keputusan rancangan atau
digunakan untuk mengkritik keputusan yg sudah di ambil.
Metode heuristik diimplementasikan dalam
bahasa pemrograman Borland Delphi dengan pengaplikasian pada 2 kasus yang
berbeda, sedangkan untuk metode MIP diiplementasikan dalam software Lingo.
Data-data yang
digunakan berasal dari data yang dibangkitkan dengan menggunakan software
excel. Selain itu rentang variasi rata-rata persentase selisih makespan untuk kasus pertama adalah sebesar 0,312 - 2,076. Sedangkan untuk kasus kedua sebesar 0 - 2,293. Untuk kasus pertama metode MIP memiliki waktu running lebih cepat jika dibandingkan metode heuristik (100 persen), jika dibandingkan dengan metode heuristik.
digunakan berasal dari data yang dibangkitkan dengan menggunakan software
excel. Selain itu rentang variasi rata-rata persentase selisih makespan untuk kasus pertama adalah sebesar 0,312 - 2,076. Sedangkan untuk kasus kedua sebesar 0 - 2,293. Untuk kasus pertama metode MIP memiliki waktu running lebih cepat jika dibandingkan metode heuristik (100 persen), jika dibandingkan dengan metode heuristik.
Discount Usability testing
Definisi Suatu metoda [dari;ttg] biaya rendah usabilas rancang-bangun yang diusulkan
oleh Jakob Nielsen yang menyatakan usabilas itu yang dilakukan sering dengan
lebih sedikit peserta, dan skenario penggunaan mendasarkan hasil pengamatan
menghasilkan itu hampir [sebagai/ketika] kebaikan, dan dengan ROI lebih baik
manakala bandingkan dengan costlier usabilas tradisional [yang] menguji.
Coqnitive Walkh Trough
Coqnitive walkh trough adalah suatu usabilitas pemeriksaan metoda yang digunakan untuk
mengidentifikasi usabilitas mengeluarkan disuatu potongan perangkat lunak atau
jaringan lokasi, memusatkan pada beberapa mudah untuk para pemakaian yang baru
untuk memenuhi tugas dengan sistem itu. Sedangkan teori walkthrough
task-specific, evaluasi heuristik mengambil suatu pandangan holistic untuk
tidak menangkap permasalahan yang ditangkap oleh ini dan usabilas pemeriksaan
metoda lain.
Pemodelan User
Permodelan user adalah sebagai pengguna
dari semua bahan yang ada pada evaluasi, yang di antaranya yaitu
pada Evaluasi Heuristik,Discount Usability testing,dan lain – lain.
Model Koqnitive (GOMS, CCT, Context based)
Model Kognitif adalah sebuah model yang di
rancang dari cara kerja user,untuk mengetahui bagaimana user akan berinteraksi dengan interface.
·
GOMS adalah suatu
yang menganalisa urutan langkahperkirakan durasi tiap langkah dan akhirnya
total waktu keseluruhan langkah. Analisa digunakan
untuk menentukan jalur critical, waktu yang digunakan untuk menyelesaikan suatu
tugas).GOMS bukan untuk tugas-tugas dimana langkahlangkahnya kurang dipahami bukan untuk user awam/ tidak berpengalaman.
·
Cognitive Complexity Theory (CCT) adalah alat perekayasaan dengan pengukuran kemudahan dipelajari dan tingkat kesulitan
secara garis besar digabung dengan dekripsi
detail dari perilaku user.CCT memiliki dua deskripsi paralel, satu adalah
tujuan user dan yang lainnya adalah sistem komputer atau disebut device pada
CCT. Deskripsi tujuan user berdasarkan hirarki tujuan yang mirip dengan GOMS,
tetapi diekspresikan menggunakanproduction rules.
Interprative Evaluation
Interpretive adalah suatu studi dan
sistematik tentang budaya Manusia yang dapat Penelitian kontekstual, Studi
lapangan dan Studi observasi.
Obyektifitas yang dapat Memahami sebuah user dan juga dapat memahami tujuan dan
nilai yang berkesinambungan pada sebuah interaksi individu dan group dalam
suatu
Budaya yang berguna untuk memperbaiki
sistem bila ada masalah pada cara yang
digunakan pada saat itu dengan
menggunakan sebuah teknik misalnya : Observasi personal, Audio yaitu
video recording.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar